• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA (FISIKA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DISERTAI LKS TERBIMBING PADA SISWA KELAS 8A SMP NEGERI 10 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    100210102020_Santi Helmi.pdf (2.616Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Helmi, Santi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal di kelas 8A SMPN 10 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, ditemukan aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan analisis data hasil observasi diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa di kelas sebesar 40%. Ternyata aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor kompetensi pengetahuan siswa sebesar 56,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 19%; kompetensi sikap sebesar 37%; dan kompetensi keterampilan sebesar 45%. Berdasarkan hasil tersebut, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri disertai LKS Terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas 8A SMPN 10 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 8A tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan portofolio. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penghitungan nilai digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari pra siklus ke siklus 1 dan dari pra siklus ke siklus 2 dengan nilai ̅̅̅̅ sebesar 0,50 dan 0,73 dengan kriteria peningkatan sedang menjadi tinggi. Serta terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,44 pada kriteria sedang. Peningkatan viii aktivitas belajar siswa ini ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kompetensi pengetahuan siswa meningkat dari pra siklus ke siklus 1 dan dari pra siklus ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,39 dan 0,71 dengan kriteria peningkatan sedang menjadi tinggi. Serta terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,33 pada kriteria sedang. Pada kompetensi sikap juga meningkat dari pra siklus ke siklus 1 dan dari pra siklus ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,56 dan 0,78 dengan kriteria sedang menjadi tinggi. Serta terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,33 pada kriteria sedang. Pada kompetensi keterampilan juga meningkat dari pra siklus ke siklus 1 dan dari pra siklus ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,67 dan 0,74 dengan kriteria peningkatan sedang menjadi tinggi. Serta terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan ̅̅̅̅ sebesar 0,37 pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya Model Pembelajaran Inkuiri disertai LKS Terbimbing pada siklus 1 dan siklus 2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65746
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository