• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDIDIKAN PERAWATAN BAYI BARU LAHIR DENGAN METODE SYNDICATE GROUP TERHADAP PENGETAHUAN KADER POSYANDU DI DESA SUMBERDANTI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKOWONO KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    112310101009.pdf (7.559Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Rofif, Rizqi Fauziyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Pendidikan Perawatan Bayi Baru Lahir dengan Metode Syndicate Group terhadap Pengetahuan Kader Posyandu di Desa Sumberdanti Wilayah Kerja Puskesmas Sukowono Kabupaten Jember; Rizqi Fauziyah Rofif, 112310101009; 2015, 189+xix Halaman, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Prioritas Kementerian Kesehatan RI saat ini salah satunya adalah meningkatkan status kesehatan anak, khususnya bayi dan balita, karena fakta yang terjadi saat ini adalah masih tingginya kesakitan dan kematian pada bayi, terutama pada bayi baru lahir. Kematian bayi baru lahir (BBL) salah satunya dapat disebabkan oleh perawatan yang kurang benar. Faktor penghambat dalam melakukan perawatan bayi baru lahir yang benar adalah kurangnya pengetahuan masyarakat dan cara perawatan yang kurang benar. Salah satu orang terdekat yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku ibu adalah kader (Suriah et al., 2013). Peran kader akan dapat dilaksanakan apabila pengetahuan kader sudah baik. Pengetahuan kader posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Sukowono tentang bayi baru lahir dan perawatannya adalah masih kurang dan kader juga masih belum banyak dilibatkan dalam perawatan bayi baru lahir, sehingga pelaksanaan peran kader masih belum optimal dan perlu penguatan. Metode Syndicate Group merupakan salah satu metode yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan hasil belajar, pemahaman terhadap materi pembelajaran, maupun keaktifan peserta belajar dalam proses pembelajaran (Susetiyono dan Hinduan, 2010). Metode diskusi Syndicate Group adalah diskusi kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang, dimana pada setiap kelompok akan mendiskusikan topik yang berbeda satu sama lain yang kemudian hasil diskusinya akan dilaporkan oleh salah satu anggota kelompok dari masing-masing kelompok (Suyanto dan Jihad, 2013). x Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan perawatan bayi baru lahir terhadap pengetahuan kader posyandu di Desa Sumberdanti Wilayah Kerja Puskesmas Sukowono Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kader posyandu Desa Sumberdanti yang berjumlah 24 kader. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 24 kader. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kepercayaan 95% (α < 0,05). Karakteristik kader dalam penelitian ini jika ditinjau dari usia sebagian besar adalah pada rentang usia dewasa awal yaitu 26-35tahun (33,3%), sebagian besar telah menjadi kader >5 tahun (62,4%), bersuku Madura (62,5%), mayoritas berpendidikan terakhir SD/MI (41,7%), kader bekerja sebagai ibu rumah tangga (91,7%), dan 75% kader menyatakan sudah tidak ada kepercayaan tertentu dalam perawatan bayi baru lahir. Perbedaan pengetahuan kader posyandu Desa Sumberdanti Wilayah Kerja Puskesmas Sukowono tentang perawatan bayi baru lahir sebelum dan sesudah diberikan pendidikan dengan Metode Syndicate Group dapat dilihat dari penurunan jumlah kader yang tergolong dalam kategori kurang dari 33,3% menjadi 16,7%, kategori pengetahuan cukup dari 50% menjadi 25% dan peningkatan jumlah kader yang tergolong dalam kategori pengetahuan baik dari 16,7% menjadi 58,3%. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan perawatan bayi baru lahir dengan metode Syndicate Group terhadap pengetahuan kader dengan didapatkan p value = 0,001. Hasil ini menunjukkan pendidikan perawatan bayi baru lahir dengan metode Syndicate Group dapat diaplikasikan kepada kader posyandu untuk meningkatkan pengetahuan kader. Rekomendasi penelitian ini adalah pendidikan perawatan bayi baru lahir dengan metode Syndicate Group dapat diterapkan secara rutin oleh kader posyandu dan petugas kesehatan setempat untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman kader, sehingga kader dapat melaksanakan perannya sebagai pemberi informasi/penyuluh kepada masyarakat khususnya pada sasaran posyandu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65720
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1623]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository