• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 KLAKAH TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    110210302062_Rina Asih Niasari.pdf (2.138Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Niasari, Rina Asih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Faktanya peserta didik didik pada saat pembelajaran berlangsung cenderung pasif. Rendahnya kemampuan analisis peserta didik mengakibatkan peserta didik kurang bisa memecahkan masalah. Peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran juga belum optimal. Pendidik kurang bisa memotivasi dan mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemecahan masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan merubah model mengajar pendidik dengan menggunakan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping. Pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan analisis sehingga mudah dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Klakah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik XI IPS2 di SMA Negeri 1 Klakah tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65657
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository