PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 KLAKAH TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat
mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat
dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan
materi pembelajaran. Faktanya peserta didik didik pada saat pembelajaran
berlangsung cenderung pasif. Rendahnya kemampuan analisis peserta didik
mengakibatkan peserta didik kurang bisa memecahkan masalah. Peran pendidik
dalam kegiatan pembelajaran juga belum optimal. Pendidik kurang bisa memotivasi
dan mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemecahan masalah.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan merubah model
mengajar pendidik dengan menggunakan model Problem Based Learning dilengkapi
teknik Mind Mapping. Pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik
Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan analisis sehingga mudah
dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping dapat
meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Klakah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar
sejarah peserta didik XI IPS2 di SMA Negeri 1 Klakah tahun ajaran 2014/2015
melalui penerapan Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping.