Show simple item record

dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.advisorKartini, Titin
dc.contributor.authorWahyuningsih, Anik
dc.date.accessioned2015-12-02T00:46:02Z
dc.date.available2015-12-02T00:46:02Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210301061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65635
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Hal tersebut menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan perkembangan TI dalam penggunaan media pembelajaran. Proses pembelajaran di MAN 1 Jember sudah mengikuti perkembangan TI yaitu menggunakan media powerpoint dan blog. Namun, penggunaan media tersebut kurang memberikan hasil yang maksimal. Hal tersebut ditunjukkan dengan respon siswa yang rendah sehingga membuat siswa cepat bosan, guru masih harus mengulang materi sebelumnya, dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan terhadap media yang selama ini digunakan agar lebih menarik, efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa media E-Learning menggunakan Edmodo yang menarik, efisien dan efektif pada materi sistem moneter untuk siswa kelas X IPS di MAN 1 Jember. Model pengembangan yang digunakan dikembangkan oleh S. Thiagarajan et,al., yang sering dikenal dengan model Four-D, namun penelitian ini hanya menggunakan (define, design, dan develop). Uji coba produk dilakukan dua kali (terbatas dan luas). Desain uji coba yang digunakan adalah desain eksperimen beforeafter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kuatitatif. Hal tersebut meliputi analisis uji kemenarikan, efisiensi dan efektivitas media E-Learning menggunakan Edmodo. Uji kemenarikan media diukur viii dengan menggunakan angket respon siswa. Uji efisiensi media diperoleh melalui wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas X IPS 3 di MAN 1 Jember. Sedangkan uji efektifitas media diperoleh dari hasil belajar siswa pada materi sistem moneter sebelum dan sesudah menerapkan media E-Learning menggunakan Edmodo. Kemudian diuji dengan rumus paired sample t test. Hasil validasi tahap I isi materi dan desain menunjukkan media sudah layak namun ada beberapa kriteria yang direvisi sesuai saran dari validator. Kemudian media direvisi dan divalidasi tahap II dan menunjukkan hasil validasi isi materi dan desain sebesar 100%. Setelah itu media diujicobakan pada subjek uji coba (terbatas dan luas), dan hasilnya menunjukkan bahwa media E-Learning menggunakan Edmodo merupakan media yang menarik, efisien dan efektif. Hal tersebut ditunjukkan pada rata-rata skor respon siswa sebesar 91,07% dengan intepretasi sangat menarik. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 73,07 menjadi 80,50 dengan waktu belajar sedikit berkurang dibanding dengan alokasi yang ditetapkan dalam silabus. Hasil uji beda (paired sample t-test) nilai thitung = 13.377 ≥ t0,05;29 = 2,045 dengan nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,050 yang menunjukkan media E-Learning menggunakan Edmodo efektif. Saran yang diberikan dalam penelitian pengembangan ini ialah perluasan subjek ujicoba dan materi yang ditautkan pada media. Namun, tetap memperhatikan kebutuhan guru serta karakteristik siswanya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectE-Learningen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATERI SISTEM MONETER UNTUK SISWA KELAS X IPS DI MAN 1 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record