PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATERI SISTEM MONETER UNTUK SISWA KELAS X IPS DI MAN 1 JEMBER
Abstract
Perkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin pesat di era globalisasi
saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Hal tersebut
menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan perkembangan TI dalam penggunaan
media pembelajaran. Proses pembelajaran di MAN 1 Jember sudah mengikuti
perkembangan TI yaitu menggunakan media powerpoint dan blog. Namun, penggunaan
media tersebut kurang memberikan hasil yang maksimal. Hal tersebut ditunjukkan
dengan respon siswa yang rendah sehingga membuat siswa cepat bosan, guru masih
harus mengulang materi sebelumnya, dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan.
Oleh karena itu diperlukan pengembangan terhadap media yang selama ini digunakan
agar lebih menarik, efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan
media pembelajaran berupa media E-Learning menggunakan Edmodo yang menarik,
efisien dan efektif pada materi sistem moneter untuk siswa kelas X IPS di MAN 1
Jember.
Model pengembangan yang digunakan dikembangkan oleh S. Thiagarajan
et,al., yang sering dikenal dengan model Four-D, namun penelitian ini hanya
menggunakan (define, design, dan develop). Uji coba produk dilakukan dua kali
(terbatas dan luas). Desain uji coba yang digunakan adalah desain eksperimen beforeafter.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket,
dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah
deskriptif kuatitatif. Hal tersebut meliputi analisis uji kemenarikan, efisiensi dan
efektivitas media E-Learning menggunakan Edmodo. Uji kemenarikan media diukur
viii
dengan menggunakan angket respon siswa. Uji efisiensi media diperoleh melalui
wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas X IPS 3 di
MAN 1 Jember. Sedangkan uji efektifitas media diperoleh dari hasil belajar siswa
pada materi sistem moneter sebelum dan sesudah menerapkan media E-Learning
menggunakan Edmodo. Kemudian diuji dengan rumus paired sample t test.
Hasil validasi tahap I isi materi dan desain menunjukkan media sudah layak
namun ada beberapa kriteria yang direvisi sesuai saran dari validator. Kemudian
media direvisi dan divalidasi tahap II dan menunjukkan hasil validasi isi materi dan
desain sebesar 100%. Setelah itu media diujicobakan pada subjek uji coba (terbatas
dan luas), dan hasilnya menunjukkan bahwa media E-Learning menggunakan
Edmodo merupakan media yang menarik, efisien dan efektif. Hal tersebut
ditunjukkan pada rata-rata skor respon siswa sebesar 91,07% dengan intepretasi
sangat menarik. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 73,07
menjadi 80,50 dengan waktu belajar sedikit berkurang dibanding dengan alokasi yang
ditetapkan dalam silabus. Hasil uji beda (paired sample t-test) nilai thitung = 13.377 ≥
t0,05;29 = 2,045 dengan nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,050 yang menunjukkan
media E-Learning menggunakan Edmodo efektif.
Saran yang diberikan dalam penelitian pengembangan ini ialah perluasan
subjek ujicoba dan materi yang ditautkan pada media. Namun, tetap memperhatikan
kebutuhan guru serta karakteristik siswanya.