• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSES ADAPTASI SOSIAL SISWA DISABILITAS DENGAN SISWA NONDISABILITAS DI SEKOLAH INKLUSI (Studi Kasus pada Siswa Tunanetra di SMP Inklusi Taman Pendidikan dan Asuhan Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Amirah Muntaz - 090910301063.pdf (1016.Kb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Muntaz, Amiroh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SMP Inklusi Taman Pendidikan dan Asuhan Kabupaten Jember merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Pertama yang menyelanggarakan pendidikan inklusi di Kabupaten Jember. Dalam sekolah inklusi ini terdapat siswa disabilitas dan siswa nondisabilitas yang berbaur dalam satu kelas. penelitian ini menjelaskan bagaimana proses adaptasi sosial siswa tunanetra dengan siswa nondisabilitas dalam lingkungan sekolah. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Inklusi TPA Jember yang beralamat di Jalan Jawa No 57 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi non partisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, transkip data, pembuatan koding, kategorisasi data, penyimpulan sementara, triangulasi, penyimpulan akhir. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki kelainan fisik (tunanetra) akan mengalami halangan dalam proses adaptasi sosial. Untuk mengatasi hal ini maka komunikasi yang baik atau yang hangat dari orangorang yang ada di lingkungan sosialnya dapat membantu bagi proses adaptasi siswa tunanetra. Untuk menyalurkan ketegangan pada norma-norma dalam penyesuain diri maka siswa nondisabilitas diarahkan dan didorong oleh pihak sekolah untuk bisa saling menghargai dan tidak membeda-bedakan sesama teman. Sehingga siswa tunanetra dapat menyesuaikan diri pada norma-norma untuk menyalurkan ketegangan. Perubahan pertemanan merupakan perubahan yang utama dirasakan dalam proses adaptasi oleh siswa tunanetra. Siswa tunanetra dapat menyesuaikan diri pada perubahan pertemanan karena SMP Inklusi TPA Jember telah memberikan ruang pada siswa tunanetra maupun siswa nondisabilitas untuk beradaptasi sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65604
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II. 

      Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)
      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ...
    • PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) 

      Silvia Agustin (2013-07-30)
      Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ...
    • PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009) 

      LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)
      Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository