Show simple item record

dc.contributor.advisorHalim, Abdul
dc.contributor.advisorIndraningrat, Ketut
dc.contributor.authorPutra, Senna Saflianda Cendikia
dc.date.accessioned2015-12-01T08:15:58Z
dc.date.available2015-12-01T08:15:58Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110810201243
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65556
dc.description.abstractPerkembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam dunia bisnis, mengakibatkan ketatnya persaingan bisnis global. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi yang populer bagi pebisnis saat ini adalah internet dalam menghadapi persaingan bisnisnya. Strategi bisnis melalui internet menjadi populer saat ini karena meningkatnya pengguna internet di dunia dan kemudahaan yang diperoleh pebisnis dalam memasarkan dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu strategi pemasaran dengan menggunakan sarana internet adalah E-commerce. E-commerce merupakan proses penjualan/pembelian, atau pertukaran barang atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer. E-commerce saat ini Tidak hanya dengan menggunakan website online namun juga menyebar melalui social media online atau jejaring sosial dimana biasanya diggunakan untuk sarana pertemanan, dan pertukaran informasi, salah satu media sosial yang populer digunakan sebagai E-commerce adalah Facebook. Sebagian besar pengguna Facebook tersebesar secara demografis di Indonesia ialah pelajar/mahasiswa. Sehingga sukses tidaknya E-commerce melalui Facebook ini tergantung dari penggunanya. Fenomena maraknya penggunaan E-commerce melalui Facebok juga terjadi di Jember. Dapat dikatakan hampir semua mahasiswa mengetahui dan menggunakan E-commerce ini. hal ini dikarenakan adanya kemudahankemudahan bagi penjual dan pembeli dalam bertransaksi, sehingga berbelanja dan berbisnis dengan E-commerce melalui Facebook merupakan trend berbelanja saat ini. Memahami fenomena E-commerce melalui Facebook dapat dengan melihat dari sudut pandang mahasiswa atau persepsi mahasiswa selaku konsumen. Dengan memahami fenomena yang terjadi ini akan membantu produsen atau pengusaha dalam menentukan strategi pemasaran yang menarik minat konsumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu suatu kegiatan untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang bagaimana dan mengapa (proses dan makna) dalam pertanyaan nyata. (Jonker, 2011:71).Penelitian kulalitatif jauh lebih subyektif daripada penelitian kuantitatif dan menggunkan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi, terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara fokus mendalam. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan kenyataan (fakta)yang ada di lapangan berdasarkan pertanyaan terbuka. Selama penelitian ini berlangsung, pertanyaan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan peneliti. Peneliti memerlukan beberapa saat sebelum viii menemukan penafsiran yang tepat dari pertanyaan yang dirumuskan agar batasbatas dan maknanya menjadi jelas. Hasil wawancara dari penelitian ini menyimpulkan bahwa hadirnya Ecommerce melalui Facebook mendapatkan apresiasi positif, yang dimaksud adalah hadirnya E-commerce melalui Facebook ini sangat bagus, membantu dan memudahkan penjual dan pembeli yang menggunakannya. Kemudahan yang diperoleh antara lain ialah kemudahan dalam mempromosikan produk, menjual, mencari produk dan informasi produk serta adanya interaksi secara virtual dengan penjual melalui akun Facebooknya tanpa harus bertemu atau datang langsung ke toko fisik dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Pendapat lain dari sebagain kecil informan mengatakan bahwa E-commerce melalui Facebook merupakan trend berbelanja online saat ini, hal ini menjadi trend karena keunikannya bahwa media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana interaksi sosial,namun juga digunakan sebagai lahan bisnis. Motivasi atau pertimbangan sebagian besar mahasiswa menggunakan E-commerce melalui Facebook adalah karena pengaruh dari trend, karena E-commerce melalui Facebook telah marak dan menjadi trend berbelanja online saat ini. Pertimbangan lain yang mendasari sebagian kecil informan adalah karena alasan kemudahan yang ditawarkan baik untuk pembeli dan penjual diantaranya kemudahan bagi penjual dalam mempromosikan produk, menjual, mengenalkan serta memberikan informasi produk yang ditawarkan. Kemudahan bagi pembeli untuk mendapatkan informasi produk, mencari produk yang diinginkan dimanpun dan kapanpun. Kemudahan lainya adalah transaksi bisa cepat terjadi dan minimnya biaya tambahan. Adanya pengaruh dari luar individu pengguna E-commerce melalui Facebook juga mempengaruhi alasan menggunakan ini, namun dari kenyataan yang diperoleh dilapangan bahwa sebagian besar mahasiswa pengguna E-commerce melalui Facebook menggunakannya atas inisiatif sendiri dan observasi yang dilakukannya melihat Trend berbelanja online melalui Facebook ini, sedangkan sebagian kecil informan mengatakan adanya rekomendasi dari lingkungan khususnya teman.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPersepsi Mahasiswaen_US
dc.subjectE-commerce melalui Facebooken_US
dc.titlePERSEPSI MAHASISWA TERHADAP E-COMMERCE MELALUI FACEBOOK DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record