• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penentuan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Perusahaan Jamu Tradisional UD. Dua Singa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    110810201233Hasan Syahirul Alim.pdf (2.033Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Alim, Hasan Syahirul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin ketatnya persaingan bisnis di Indonesia, khususnya yang ada di Wilayah Kabupaten Banyuwangi yaitu Perusahaan jamu. Perusahaan jamu di banyuwangi saat ini mengalami persaingan yang sangat serius dengan munculnya pesaing baru dengan kualitas yang lebih baik sesuai dengan keinginan pasar. Salah satunya perusahaan jamu UD. Dua Singa merupakan perusahaan yang masih baru di Banyuwangi berdiri sejak tahun 2010 yang pada saat ini juga mengalami persaingan yang serius dengan munculnya perusahaan jamu yang sejenis yaitu perusahaan jamu tradisional yang dapat berpengaruh pada kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menentukan strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT pada perusahaan jamu tradisional UD. Dua Singa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kajian tindak (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang paham (pemilik dan karyawan perusahaan). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis faktor-faktor internal perusahaan digunakan untuk mengetahui adanya kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus menganalisis faktor-faktor eksternal perusahaan untuk mengetahui peluang dan ancaman. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan adalah menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi internal dan eksternal akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai +3 sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa jamu tradisional UD. Dua Singa berada pada posisi kuadran I, yaitu posisi perusahaan yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang viii agresif. Maka strategi yang tepat pada perusahaan jamu tradisional UD. Dua Singa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi sebagai berikut: 1. Mengembangkan produk jamu yang sudah ada dengan menambah variasi produk jamu misalnya dari segi khasiat ataupun rasa yang ditawarkan. 2. Meningkatkan pangsa pasar dengan ikut serta setiap program yang diadakan pemerintah daerah seperti pameran (bazar). 3. Meningkatkan kualitas jamu agar tidak kalah dengan produk pesaing. 4. Melakukan perluasan daerah promosi yang efektif dan tepat sasaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65547
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository