• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEPUASAN PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTERISASI DAN MANUAL (STUDI DI RS PARU DAN RS BALADHIKA HUSADA KABUPATEN JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    102310101055.pdf (5.738Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Santoso, Yunita Selly
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perbedaan Kepuasan Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Berbasis Komputerisasi dan Manual (Studi di RS Paru dan RS Baladhika Husada Kabupaten Jember); Yunita Selly Santoso, 102310101055; 2015; xvii+160 halaman; Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Kemajuan IPTEK merupakan salah satu tantangan yang paling dirasakan perawat, khususnya pada sistem pendokumentasian asuhan keperawatan. Saat ini ada dua sistem pendokumentasian asuhan keperawatan, yaitu sistem pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual (Susanti, 2011). Kebijakan penggunaan sistem pendokumentasian asuhan keperawatan oleh rumah sakit dinilai sebagai langkah untuk meningkatkan kepuasan kerja perawat dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual. Penelitian ini menggunakan desain crossectional. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan tehnik simple random sampling dengan jumlah responden 30 perawat yang menggunakan pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan 30 perawat yang menggunakan pendokumentasian asuhan keperawatan manual. Data dianalisis menggunakan mann-whitney untuk mengetahui perbedaan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual (studi di RS Paru dan RS Baladhika Husada kabupaten Jember). Pengukuran kepuasan dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual menggunakan teori MSQ dimana peneliti mengambil 8 indikator dari 20 indikator kepuasan. Hal ini dilakukan karena kedelapan indikator, yaitu kecakapan, bentuk aktifitas, kemajuan dan perkembangan, bentuk kompensasi, rekan kerja, tanggung jawab, perasaan sosial, dan bimbingan serta bantuan teknis sudah mewakili aspek kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual. ix Hasil kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi terdapat 100% responden dalam kategori sangat puas. Sedangkan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan manual terdapat 100% responden dalam kategori sangat puas. Dapat dikatakan bahwa kedua hasil menunjukkan berada pada kategori sangat puas. Hasil uji statistik menunjukkan p value = 1,000 pada alpha 0,05 yang bearti Ha ditolak, maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan kepuasan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual (studi di RS Paru dan RS Baladhika Husada kabupaten Jember). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi berada pada kategori sangat puas, yaitu sebanyak 30 perawat. Kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan manual berada pada kategori sangat puas, yaitu sebanyak 30 perawat. Hasil penelitian bahwa indikator kecakapan, bentuk aktifitas, kemajuan dan perkembangan, bentuk kompensasi, tanggung jawab, perasaan sosial, dan bantuan serta bimbingan teknis menunjukkan bahwa sebagian besar perawat berada pada kategori sangat puas. Indikator rekan kerja menunjukkan bahwa kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi berada pada kategori sangat tidak puas, sedangkan sebagian besar kepuasan perawat dalam pendokumentasian manual berada pada kategori tidak puas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah ditetapkan beberapa saran bagi layanan keperawatan, pendidikan keperawatan, instansi rumah sakit, dan penelitian selanjutnya. Khususnya saran untuk instansi rumah sakit agar menetapkan sistem pendokumentasian asuhan keperawatan yang tepat guna meningkatkan kepuasan bekerja pada perawat. Pemberian sosialisasi yang berkala agar kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan menjadi lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65543
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1025]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository