Show simple item record

dc.contributor.authorNur Anita
dc.contributor.authorNur Isnaini Ismail
dc.date.accessioned2013-12-09T03:15:50Z
dc.date.available2013-12-09T03:15:50Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274070
dc.identifier.nimNIM070210204027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6525
dc.description.abstractPemilihan judul ini berdasarkan atas pengalaman di lapangan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 nilai rata-ratanya 85 pada semester I yang lalu. Berdasarkan kenyataan tersebut maka peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III D. Untuk itu upaya yang ditempuh adalah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya untuk mengenalkan pecahan sederhana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember melalui model pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Mengenal Pecahan Sederhana Siswa Kelas III D Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Jember? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan mengenal pecahan sederhana pada siswa, dan dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, serta dapat memperoleh cara yang efektif dalam menentukan hasil pengukuran dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran pada pokok bahasan mengenal pecahan sederhana. Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru memberikan tugas berupa materi pelajaran untuk dipelajari secara mandiri, diringkas dan didiskusikan dengan kelompok belajarnya dengan dipandu tutor sebayanya. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang terdiri dari 34 siswa Tahun Pelajaran 2010/2011. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya, kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan bekeja sama dalam setiap kelompoknya dapat ditingkatkan. Selain itu peran tutor sebaya merupakan teman bekerja sekaligus teman belajar sehingga dapat menambah keberanian siswa dalam bertanya, dan mengerjakan tugas guru di depan kelas. Serta ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember pada pokok bahasan mengenal pecahan sederhana nilai rata-ratanya meningkat menjadi berkisar 94%. Saran, model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka pada proses pembelajaran bisa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204027;
dc.relation.ispartofseries080210274070;
dc.subjectKemampuan Membaca Permulaan, Metode SASen_US
dc.subjectKemampuan Membaca Intensif, Model Cooperative Script, Media Kartu Paragrafen_US
dc.subjectHasil Belajar, Model Kooperatifen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III D SEKOLAH DASAR NEGERI JEMBER LOR 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record