• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGENAL PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III D SEKOLAH DASAR NEGERI JEMBER LOR 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Isnaini Ismail.pdf (330.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nur Anita
    Nur Isnaini Ismail
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemilihan judul ini berdasarkan atas pengalaman di lapangan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 nilai rata-ratanya 85 pada semester I yang lalu. Berdasarkan kenyataan tersebut maka peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III D. Untuk itu upaya yang ditempuh adalah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya untuk mengenalkan pecahan sederhana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember melalui model pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Mengenal Pecahan Sederhana Siswa Kelas III D Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 01 Jember? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan mengenal pecahan sederhana pada siswa, dan dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, serta dapat memperoleh cara yang efektif dalam menentukan hasil pengukuran dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran pada pokok bahasan mengenal pecahan sederhana. Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru memberikan tugas berupa materi pelajaran untuk dipelajari secara mandiri, diringkas dan didiskusikan dengan kelompok belajarnya dengan dipandu tutor sebayanya. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang terdiri dari 34 siswa Tahun Pelajaran 2010/2011. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya, kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan bekeja sama dalam setiap kelompoknya dapat ditingkatkan. Selain itu peran tutor sebaya merupakan teman bekerja sekaligus teman belajar sehingga dapat menambah keberanian siswa dalam bertanya, dan mengerjakan tugas guru di depan kelas. Serta ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III D SD Negeri Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember pada pokok bahasan mengenal pecahan sederhana nilai rata-ratanya meningkat menjadi berkisar 94%. Saran, model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka pada proses pembelajaran bisa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6525
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository