Show simple item record

dc.contributor.advisorSukatman
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorNurmaulinda, Septya
dc.date.accessioned2015-12-01T02:20:44Z
dc.date.available2015-12-01T02:20:44Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110210402012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65251
dc.description.abstractNilai moral merupakan hal yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat, bahkan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, nilai moral sangat penting ditanamkan pada anak sebagai generasi penerus bangsa. Nilai moral adalah sesuatu yang diyakini tentang baik, buruk, benar, salah, dan juga manfaat yang digunakan sebagai pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan manusia. Nilai moral dapat ditanamkan kepada anak melalui cerita. Mengingat anak-anak cenderung menyukai cerita sebagai nuansa hiburan dan masa peka terjadi pada usia tersebut. Cerita anak dalam majalah Bobo menjadi pilihan objek penelitian karena majalah Bobo dinilai konsisten mengisi rubrik-rubriknya dengan cerita bermutu walau dengan alur dan bahasa yang sederhana. Selain dapat membantu membentuk kepribadian anak, cerita anak pada majalah Bobo juga dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar sekolah dasar. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan diri sendiri dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (2) bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan sesama manusia dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (3) bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan lingkungan alam dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (4) bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan Tuhan dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (5) bagaimanakah pemanfaatan cerita anak dalam majalah Bobo sebagai materi ajar di Sekolah Dasar. Jenis rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan paragraf-paragraf yang terdapat dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014 yang mengidentifikasikan tentang nilai-nilai moral. Sumber datanya adalah 26 cerita anak yang terbagi menjadi 10 dongeng dan 16 cerita pendek yang terdapat dalam majalah Bobo edisi Juli 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Proses viii analisis data terdiri dari (1) pereduksian data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verivikasi temuan. Sedangkan prosedur penelitian yang digunakan ada tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral tentang hubungan manusia dengan diri sendiri yang meliputi pemberani, jujur, hemat, tidak putus asa, dan teliti dapat membawa keberuntungan bagi diri sendiri. Nilai moral tentang hubungan manusia dengan sesama meliputi tolong menolong, saling memaafkan, peduli, saling berbagi, gotong royong, murah hati, tulus terhadap teman, tidak boleh egois, patuh kepada orang tua, bangga/sayang terhadap orang tua, dilarang mencuri, dan rendah hati dapat menjaga hubungan antar sesama manusia menjadi lebih harmonis. Nilai moral tentang hubungan manusia dengan alam yang meliputi menjaga kebersihan, hemat air, menjaga tanaman dengan baik, dan menyayangi hewan akan mejadikan alam terawat dengan baik, sehingga alam akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi manusia. Nilai moral tentang hubungan manusia dengan Tuhan adalah percaya terhadap Tuhan. Pada penelitian ini, percaya terhadap Tuhan diungkapkan dengan perbuatan tidak melupakan salat dan mengaji. Selanjutnya, pemanfaatan cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014 sebagai materi ajar untuk kelas 6 Sekolah Dasar adalah dengan pembuatan RPP untuk KD menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu teks yang dibacakan/didengarkan dan KD mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014 mengandung nilai moral yang dapat membantu membentuk kepribadian anak menjadi lebih baik dan dapat dijadikan materi ajar untuk Sekolah Dasar. Berdasarkan keempat penggolongan di atas, nilai moral tentang hubungan manusia dengan sesama merupakan nilai moral yang paling banyak ditemukan. Saran yang dapat diberikan adalah 1) Bagi pembaca dan peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk penelitian dimasa yang akan datang; 2) Bagi mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sebaiknya memanfaatkan penelitian ini sebagai bahan untuk menambah pengetahuan; 3) Bagi guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, sebaiknya cerita anak khususnya dalam majalah Bobo dimanfaatkan sebagai materi ajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectNilai Moralen_US
dc.titleNILAI MORAL DALAM CERITA ANAK PADA MAJALAH BOBO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR SEKOLAH DASARen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record