NILAI MORAL DALAM CERITA ANAK PADA MAJALAH BOBO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR SEKOLAH DASAR
Abstract
Nilai moral merupakan hal yang berperan penting dalam kehidupan
masyarakat, bahkan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, nilai moral sangat
penting ditanamkan pada anak sebagai generasi penerus bangsa. Nilai moral adalah
sesuatu yang diyakini tentang baik, buruk, benar, salah, dan juga manfaat yang
digunakan sebagai pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan manusia. Nilai
moral dapat ditanamkan kepada anak melalui cerita. Mengingat anak-anak cenderung
menyukai cerita sebagai nuansa hiburan dan masa peka terjadi pada usia tersebut.
Cerita anak dalam majalah Bobo menjadi pilihan objek penelitian karena majalah
Bobo dinilai konsisten mengisi rubrik-rubriknya dengan cerita bermutu walau dengan
alur dan bahasa yang sederhana. Selain dapat membantu membentuk kepribadian
anak, cerita anak pada majalah Bobo juga dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar
sekolah dasar.
Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi
(1) bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan diri sendiri dalam
cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (2) bagaimanakah nilai moral tentang
hubungan manusia dengan sesama manusia dalam cerita anak pada majalah Bobo
edisi Juli 2014, (3) bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan
lingkungan alam dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (4)
bagaimanakah nilai moral tentang hubungan manusia dengan Tuhan dalam cerita
anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014, (5) bagaimanakah pemanfaatan cerita anak
dalam majalah Bobo sebagai materi ajar di Sekolah Dasar.
Jenis rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data dalam
penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan paragraf-paragraf yang terdapat
dalam cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014 yang mengidentifikasikan
tentang nilai-nilai moral. Sumber datanya adalah 26 cerita anak yang terbagi menjadi
10 dongeng dan 16 cerita pendek yang terdapat dalam majalah Bobo edisi Juli 2014.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Proses
viii
analisis data terdiri dari (1) pereduksian data, (2) penyajian data, (3) penarikan
kesimpulan dan verivikasi temuan. Sedangkan prosedur penelitian yang digunakan
ada tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral tentang hubungan
manusia dengan diri sendiri yang meliputi pemberani, jujur, hemat, tidak putus asa,
dan teliti dapat membawa keberuntungan bagi diri sendiri. Nilai moral tentang
hubungan manusia dengan sesama meliputi tolong menolong, saling memaafkan,
peduli, saling berbagi, gotong royong, murah hati, tulus terhadap teman, tidak boleh
egois, patuh kepada orang tua, bangga/sayang terhadap orang tua, dilarang mencuri,
dan rendah hati dapat menjaga hubungan antar sesama manusia menjadi lebih
harmonis. Nilai moral tentang hubungan manusia dengan alam yang meliputi
menjaga kebersihan, hemat air, menjaga tanaman dengan baik, dan menyayangi
hewan akan mejadikan alam terawat dengan baik, sehingga alam akan memberikan
manfaat yang lebih besar bagi manusia. Nilai moral tentang hubungan manusia
dengan Tuhan adalah percaya terhadap Tuhan. Pada penelitian ini, percaya terhadap
Tuhan diungkapkan dengan perbuatan tidak melupakan salat dan mengaji.
Selanjutnya, pemanfaatan cerita anak pada majalah Bobo edisi Juli 2014 sebagai
materi ajar untuk kelas 6 Sekolah Dasar adalah dengan pembuatan RPP untuk KD
menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu teks yang dibacakan/didengarkan dan KD
mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita anak pada majalah Bobo edisi
Juli 2014 mengandung nilai moral yang dapat membantu membentuk kepribadian
anak menjadi lebih baik dan dapat dijadikan materi ajar untuk Sekolah Dasar.
Berdasarkan keempat penggolongan di atas, nilai moral tentang hubungan manusia
dengan sesama merupakan nilai moral yang paling banyak ditemukan. Saran yang
dapat diberikan adalah 1) Bagi pembaca dan peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian
ini digunakan sebagai referensi untuk penelitian dimasa yang akan datang; 2) Bagi
mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sebaiknya
memanfaatkan penelitian ini sebagai bahan untuk menambah pengetahuan; 3) Bagi
guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, sebaiknya cerita anak khususnya
dalam majalah Bobo dimanfaatkan sebagai materi ajar.