• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Materi Pembelajaran Tematik Terhadap Peningkatan Kompetensi Warga Belajar Program Keaksaraan Fungsional Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Eko Susilo - 110210201030.pdf (3.095Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Susilo, Eko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program keaksaraan fungsional merupakan kegiatan pemberantasan buta aksara yang mengajarkan warga belajar untuk bisa membaca, menulis, berhitung dan komunikasi. Seringkali program keaksaraan fungsional dilaksanakan secara formalitas. Padahal Badan Pusat Statistik pada tahun 2010 menyatakan bahwa penyandang buta aksara di Kabupaten Jember sebanyak 346,438 jiwa. Angka tersebut menempatkan Kabupaten Jember sebagai daerah dengan jumlah penyandang buta aksara tertinggi di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh materi pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi warga belajar keaksaraan fungsional?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh materi pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi warga belajar Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai bahan referensi yang dapat mendukung pengembangan Program Keaksaraan Fungsional dan menambah ilmu pengetahuan tentang karya tulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang digunakan adalah Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo berdasarkan metode purposive sampling. Teknik penentuan responden secara simple random sampling dengan responden yang diteliti sebanyak 14 warga belajar yang diambil secara diundi. Data primer dalam penelitian ini dari hasil angket sedangkan untuk data sekunder dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang (Spearman). x Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, yang mana materi pembelajaran temaik dengan peningkatan kompetensi warga belajar hasil analisisnya diperoleh nilai sebesar 0,999 maka apabila uji signifikansi dengan harga kritik Rho Spearmen N = 14 dan interval kepercayaannya adalah 95% sebesar 0,554 ternyata rhitung > rtabel. Diperoleh juga hasil prosentase pada setiap indikator, pada pembelajaran tematik dengan kemampuan membaca pengaruh sebesar 0,986. pembelajaran tematik dengan kemampuan menulis pengaruh sebesar 0,908. pembelajaran tematik dengan kemampuan berhitung pengaruh sebesar 0,981. pembelajaran tematik dengan kemampuan komunikasi pengaruh sebesar 0,973. pengembangan tema dengan kemampuan membaca pengaruh sebesar 0,995. pengembangan tema dengan kemampuan menulis pengaruh sebesar 0,992. pengembangan tema dengan pengaruh sebesar 0,966. pengembangan tema dengan kemampuan komunikasi pengaruh sebesar 0,97. penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan membaca yang memberikan pengaruh sebesar 0,928. penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan menulis pengaruh sebesar 0,852. penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan berhitung pengaruh sebesar 0,997 penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan komunikasi pengaruh sebesar 0,901. Dari hasil analisis data, maka didapatkan kesimpulan adanya pengaruh materi pembelajaran tematik terhadap peningkatkan kompetensi warga belajar. Temuan tersebut telah dibuktikan pada materi pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi warga belajar yang hasil kontribusi tertinggi. Dalam artian adanya Pengaruh Materi Pembelajaran Tematik Terhadap Peningkatan Kompetensi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Saran yang dapat diberikan peneliti bagi penyelengara maupun tutor program keaksaraan fungsional yaitu menekankan materi pembelajaran tematik dalam pembelajaran keaksaraan fungsional, agar kemampuan warga belajar bisa lebih bisa ditingkatkan lagi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65244
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository