INDEKS KEPUASAN MAHASISWA PADA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
UPT Perpustakaan Universitas Jember merupakan Unit Pelaksana Teknis
yang memberikan pelayanan yang terkait dengan kebutuhan bahan pustaka, yang
berperan untuk menunjang pelaksanaan tri darma perguruan tinggi dan berfungsi
sebagai pusat pengumpulan, pengolahan, pemanfaatan, pelestarian dan penyebaran
informasi (Universitas Jember, 2013/2014). UPT Perpustakaan Universitas jember
telah mendapatkan penghargaan berupa perpustakaan di Indonesia yang telah meraih
quality management system certificate ISO 9001:2008 namun masih ada keluhan
yang dirasakan oleh pengguna layanan pada Unit tersebut. Kemudian peneliti
merumuskan masalah untuk mencari “Indeks Kepuasan Mahasiswa pada UPT
Perpustakaan Universitas Jember”. Sebagai gambaran kepuasan pengguna layanan
UPT Perpustakaan Universitas jember.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian indeks kepuasan
dengan acuan pedoman KEPMENPAN ini adalah 65, nilai ini menunjukan bahwa
mutu pelayanan UPT Perpustakaan Universitas Jember berada dalam kategori B
berdasarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:
KEP/25/M.PAN/2/2004. Kategori tersebut berarti kinerja unit pelayanan UPT
Perpustakaan Universitas Jember dinyatakan B baik. Kategori baik menunjukkan
bahwa pelayanan yang diberikan oleh instansi bisa dikatakan telah memenuhi
harapan pelanggan. Akan tetapi dilihat dari nilai-nilai perunsur, terdapat unsur yang
nilainya rendah jika dibandingkan dengan semua unsur yaitu unsur kejelasan petugas
pelayanan dengan rata-rata 2,47.
Unsur yang mendapatkan nilai terendah dibandingkan unsur yang lainnya
adalah unsur kejelasan petugas pelayanan. Nilai unsur kejelasan petugas pelayanan
berdasarkan hasil penelitian adalah nilai rata-rata tertimbang 0,17. Sebagian besar
responden menilai kejelasan petugas yang dinilai dengan dua indikator tentang
kejelasan identitas petugas dan kejelasan tanggung jawab petugas pelayanan tidak di
ketahui oleh pengguna pelayanan. Sehingga Unsur kejelasan tanggung jawab
petugas mencakup kejelasan tanggung jawab dalam menyediakan buku-buku yang
dibutuhkan mahasiswa dan Banyaknya petugas tidak menggunakan tanda identitas
pengenal mendapatkan penilaian kepuasan dengan nilai terendah.
Maka dari itu di harapkan bagi petugas UPT Perpustakaan dapat memperbaiki
kembali layanan dalam unsur ini. Selain unsur terendah ada unsur yang mendapatkan
nilai unsur mendekati rata-rata terendah namun masih dalam katergori baik. Yaitu
unsur kesopanan dan keramahan. Mendapatkan nilai rata-rata 2,55. Diharapkan
petugas lebih sopan dan ramah dalam memberikan pelayanan agar pengguna layanan
merasa puas dan senang dalam penggunaan layanan di lingkungan UPT
Perpustakaaan universitas jember. Unsur indeks kepuasan masyarakat yang
mendapatkan nilai rata-rata tertinggi adalah unsur keamanan lingkungan pelayanan
yaitu rata-rata sebesar 2,98 dan nilai rata-rata tertimbang 0,21. Informasi yang
diperoleh peneliti di saat penelitian sebagian besar mahasiswa pengguna layanan UPT
Perpustakaan Universitas jember menilai bahwa lingkungan UPT Perpustakaan
Universitas jember aman dari pencuri. Sehingga pengguna layanan merasa puas
mengguanakan layanan yang ada di UPT Perpustakaan universitas jember.