ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ONLINE 4 FASHION LOVERS SURABAYA
Abstract
Perkembangan teknologi internet sangat berpengaruh pada kegiatan bisnis.
Banyak bermunculan toko-toko on-line yang menawarkan berbagai produk dalam
berbagai kemudahan. Toko on-line 4 Fashion Lovers Surabaya mampu bertahan
untuk tetap menarik konsumen ditengah ketatnya persaingan bisnis on-line.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen pada toko on-line 4 Fashion Lovers Surabaya,
dan untuk mengetahui besarnya korelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen tersebut. Hasil penelitian diharapkan dapat
dimanfaatkan sebagai acuan dalam pengelolaan bisnis on-line sehingga dapat
menarik konsumen untuk membeli dan meningkatkan keuntungan.
Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh satu variabel dengan
variabel lainnya. Tipe pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
metode nonprobability sampling (sampling non peluang) dengan teknik purposive
sampling. Jumlah variabel yang digunakan sebesar 100 responden. Kriteria
yang dipilih sebagai sampel dibatasi pada elemen-elemen berikut ini: (1)
konsumen yang memberikan testimoni pada homepage Toko On-line 4 Fashion
Lovers, (2) sudah pernah membeli produk pada Toko On-line 4 Fashion Lovers
antara bulan Maret 2014–Juli 2014. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan
data dan informasi melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Toko On-line 4 Fashion Lovers Surabaya.
Data yang diperoleh diolah dengan dua tahap analisis.
Pada analisis pertama, indikator keunggulan perusahaan, kepercayaan
konsumen, promosi, kualitas produk, harga produk, sistem pembayaran, distribusi,
kualitas pelayanan, dan opini konsumen lain diuji menggunakan Analisis Faktor
(Factor Analysis) menggunakan perangkat lunak Statistical Package for Service
Softition (SPSS) versi 16,0 for Windows. Setiap indikator yang memenuhi angka
Measure of Sampling Adequacy (MSA) > 0,5 dapat dianalisis lebih lanjut
menggunakan Persamaan Satu Jalur (A Single Equation Path Model). Keunggulan
perusahaan, kepercayaan konsumen, promosi, kualitas produk, harga produk,
distribusi, kualitas pelayanan, dan opini konsumen lain pada persamaan satu jalur
berperan sebagai variabel bebas terhadap keputusan pembelian sebagai variabel
terikat.
Berdasarkan hasil analisa, keunggulan perusahaan, promosi, kualitas
produk, dan harga produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Korelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen, berdasarkan kriteria sebagai berikut: (1) korelasi sangat kuat terjadi
antara promosi dengan harga produk, (2) tidak terjadi korelasi kuat antara
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, (3) korelasi cukup
terjadi antara keunggulan perusahaan dengan promosi dan kualitas produk,
antara kualitas produk dengan harga produk, (4) korelasi sangat lemah
(dianggap tidak berkorelasi) terjadi antara keunggulan perusahaan dengan
harga produk, antara promosi dengan kualitas produk.