• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Siswa Kelas III SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Tri Endah Mardika Siwi - 110210204038.pdf (5.677Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Siwi, Tri Endah Mardika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model cooperative learning tipe talking stick adalah suatu model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat, kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya, selanjutnya kegiatan tersebut diulang terus-menerus sampai semua kelompok mendapat giliran untuk menjawab pertanyaan dari guru. Model cooperative learning tipe talking stick dipilih karena dalam pembelajaran talking stick dapat tercipta keaktifan siswa melalui media permainan tongkat yang diberikan dari satu siswa ke siswa lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa?. (2) Bagaimanakah persentase peningkatan aktivitas pembelajaran talking stick pada siswa kelas III dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga?. (3) Bagaimanakah persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar pembelajaran talking stick pada siswa kelas III dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji pembelajaran model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga di SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk meningkatakan aktivitas belajar siswa kelas III dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan x segitiga melalui penerapan model cooperative learning tipe talking stick pada siswa kelas III SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. (3) Untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas III dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga melalui penerapan model cooperative learning tipe talking stick pada siswa kelas III SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A semester genap SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah siswa di SD ini adalah 36 orang yang terdiri atas 21 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas (sekolah) tempatnya mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan/ peningkatan proses pembelajaran dengan menggunakan dua siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, siswa melakukan kegiatan menggunakan talking stick kemudian mengerjakan tugas kelompok dan individu. Pada akhir siklus siswa diberikan tes akhir untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa. Kegiatan dalam siklus II hamper sama dengan siklus I, perbedaannya terletak pada pelaksanaan talking stick yang dilakukan secara berkelompok, tidak lagi secara individu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran model cooperative learning tipe talking stick dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 pada siklus I sebesar 56% dan pada siklus II sebesar 88,89%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas siswa. Tingkat ketuntasan belajar secara klasikal siswa kelas III SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 setelah mengikuti pembelajaran model cooperative learning tipe talking stick dengan materi sifat-sifat bangun persegi, persegi panjang, dan segitiga diketahui bahwa tes akhir siklus I sebesar 64,70% dan pada siklus II sebesar 91,67%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65159
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository