• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Noviantika Yuanis - 110210204095_may.pdf (3.941Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Yuanis, Noviantika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Quantum Learning ialah kiat, petunjuk, dan strategi belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar siswa sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penerapan Quantum Learning mengusahakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di pendidikan dasar dapat tercapai. Proses pembelajaran PKn di SDN Jatisari 01 Jember, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran PKn di SDN Jatisari 01 untuk materi tertentu tidak menggunakan media. Siswa hanya dapat membayangkan dan menghafal materi yang dijelaskan, sehingga konsep-konsep akademik kurang bisa dipahami siswa secara menyeluruh dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, sebagai akibatnya motivasi siswa menjadi sulit ditumbuhkan yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa termasuk kategori cukup, terutama untuk mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatisari 01 Jember sebanyak 28 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, sedangkan analisis data yang digunakan pada ix penelitian ini yaitu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini sesuai dengan siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto yang secara garis besar terdapat empat tahapan yaitu diawali dengan perencanaan (planning), penerapan tindakan/pelaksanaan (action), mengobservasi/pengamatan proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi (reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan) (Arikunto, dkk. 2014:16). Pembelajaran PKn melalui penerapan Model Quantum Learning pada pokok bahasan globalisasi di kelas IV SDN Jatisari 01 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisi data dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan skor rata-rata aktivitas siswa secara klasikal pada prasiklus yaitu 54,5 dan pada tahap siklus I rata-rata aktivitas siswa secara klasikal 70,83. Pada siklus II rata-rata aktivitas klasikal yaitu 82,14. Hasil belajar pada tahap prasiklus yaitu dengan nilai rata-rata 61,86. Pada tahap siklus I hasil belajar dengan nilai rata-rata 72,71. Pada tahap siklus II nilai rata-rata secara klasikal hasil belajar siswa yaitu 81,53. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatiasari 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Learning dapat dijadikan sebagai model alternatif bagi guru untu diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga proses belajar mengajar lebih variatif dan aktivitas serta hasil belajar siswa semakin meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65145
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository