PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 01 JEMBER
Abstract
Quantum Learning ialah kiat, petunjuk, dan strategi belajar yang dapat
mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar siswa sebagai
suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penerapan Quantum Learning
mengusahakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan meningkatkan
kualitas pembelajaran PKn di pendidikan dasar dapat tercapai. Proses
pembelajaran PKn di SDN Jatisari 01 Jember, dalam proses pembelajaran guru
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran PKn di SDN
Jatisari 01 untuk materi tertentu tidak menggunakan media. Siswa hanya dapat
membayangkan dan menghafal materi yang dijelaskan, sehingga konsep-konsep
akademik kurang bisa dipahami siswa secara menyeluruh dan strategi
pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, sebagai akibatnya motivasi siswa
menjadi sulit ditumbuhkan yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
termasuk kategori cukup, terutama untuk mata pelajaran PKn. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Quantum Learning
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok
bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember? Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model
Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata
pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember
Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatisari 01
Jember sebanyak 28 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data
menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan
metode tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penilitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari dua siklus, sedangkan analisis data yang digunakan pada
ix
penelitian ini yaitu menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Pelaksanaan
penelitian ini sesuai dengan siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto
yang secara garis besar terdapat empat tahapan yaitu diawali dengan perencanaan
(planning), penerapan tindakan/pelaksanaan (action), mengobservasi/pengamatan
proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi
(reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan
tercapai (kriteria keberhasilan) (Arikunto, dkk. 2014:16).
Pembelajaran PKn melalui penerapan Model Quantum Learning pada
pokok bahasan globalisasi di kelas IV SDN Jatisari 01 Jember terlaksana sesuai
dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisi data dapat
diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Berdasarkan skor rata-rata aktivitas siswa secara klasikal pada prasiklus yaitu 54,5
dan pada tahap siklus I rata-rata aktivitas siswa secara klasikal 70,83. Pada siklus
II rata-rata aktivitas klasikal yaitu 82,14. Hasil belajar pada tahap prasiklus yaitu
dengan nilai rata-rata 61,86. Pada tahap siklus I hasil belajar dengan nilai rata-rata
72,71. Pada tahap siklus II nilai rata-rata secara klasikal hasil belajar siswa yaitu
81,53.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum
Learning dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi pada kelas IV SDN
Jatiasari 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran
dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model
Quantum Learning dapat dijadikan sebagai model alternatif bagi guru untu
diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga proses belajar mengajar lebih
variatif dan aktivitas serta hasil belajar siswa semakin meningkat.