STRATEGI PEMASARAN GULA MERAH TEBU DI KSU BAROKAH JAYA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pemasaran gula merah tebu di
Kabupaten Jember terdiri daritiga saluran pemasaran, yaitu : saluran pemasaran I
(KSU Barokah Jaya – agroindustri gula merah kelapa/pabrik kecap), saluran
pemasaran II (KSU Barokah Jaya – distributor luar kota), saluran pemasaran III
(KSU Barokah Jaya – distributor – pengecer - konsumen); (2) Nilai marjin
pemasaran pada saluran pemasaran I, II dan III, berturut-turut adalah 0, 2000 dan
2867, dengan nilai share keuntungan dan share biaya pada masing-masing
lembaga pemasaran tergolong merata; dan (3) Strategi pemasaran gula merah tebu
di KSU Barokah Jaya adalah : a) strategi produk : bentuk gula merah tebu sesuai
permintaan konsumen, b) strategi tempat : gula merah tebu dijual di pasar lokal,
pedagang luar kota dan agroindustri, c) strategi harga : menentukan harga yang
masih memberi keuntungan dan bersaing dengan gula merah lainnya, d) srategi
promosi : menggunakan personal selling (lisan).
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]