Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorMutrofin
dc.contributor.authorSari, Firda Winda
dc.date.accessioned2015-11-30T04:21:48Z
dc.date.available2015-11-30T04:21:48Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65071
dc.description.abstractPendidikan merupakan tumpuan harapan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan manusia dapat menemukan hal-hal baru yang dapat dikembangkan dan diperoleh untuk menghadapi tantangan yang ada sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu pendidikan hendaknya mengarah pada upaya pembentukan manusia yang tanggap terhadap lingkungan dan peka terhadap perubahan. Disamping itu, pendidikan juga diarahkan untuk meningkatkan potensi siswa sebagai subjek pembelajaran. Keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada proses pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran akan lebih bermakna jika seorang guru mampu menciptakan bentuk pembelajaran dimana melibatkan siswa secara langsung untuk menemukan suatu konsep dan mengembangkan berbagai keterampilan yang ada pada diri peserta didik. Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengarahkan kepada keaktifan optimal belajar peserta didik sehingga lebih banyak melibatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan digunakannya pendekatan keterampilan proses berarti peserta didik memperoleh pengetahuan/konsep berdasarkan pengalaman belajar secara langsung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan penggunaan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Sumbermulyo II Jogoroto Jombang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbermulyo II Jogoroto Jombang dimulai tanggal 14 Februari 2015 hingga 27 Februari 2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumbermulyo II Jogoroto ix Jombang, yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan pola non equivalent pre-test post-test control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test pada saat kegiatan penelitian. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki sebelum diberi perlakuan. Data uji homogenitas diperoleh dari nilai pre-test siswa pada saat kegiatan penelitian. Hasil penghitungan uji homogenitas menunjukkan harga t0 = 0,705, kemudian harga t0 dikonsultasikan dengan harga t tabel dengan db =36 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,209. Harga tersebut membuktikan bahwa t0 < ttabel (0,705 < 2,029) yang berarti keadaan populasi sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan diperoleh hasil kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Langkah berikutnya adalah melakukan uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara pre-test dan post-test. Hasil penghitungan rumus uji t diperoleh thitung =3,484, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan db =36 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,029. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa thitung> ttabel (3,484 > 2,029), dengan begitu hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dalam penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Sumbermulyo II Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan Keterampilan Proses ini diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran IPA untuk membuat siswa lebih memahami konsep IPA sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil belajar IPA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendekatan Keterampilanen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN di Sumbermulyo II Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record