dc.description.abstract | Siswa melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat memperoleh
pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kepekaan untuk menghadapi hidup. Salah satu
upaya untuk memenuhi tujuan pendidikan pada mata pelajaran IPS yaitu sebelum
proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS harus terlebih dahulu memilih
pendekatan pembelajaran yang tepat untuk materi yang akan diajarkan sehingga dapat
diterima siswa dengan mudah. Pada kenyataannya, berdasarkan observasi awal dan
hasil wawancara dengan guru dan siswa bahwa proses pembelajaran kurang
bervariasi dan penggunaan media pembelajaran jarang dilakukan oleh guru sehingga
motivasi belajar siswa yang kurang dalam proses pembelajaran mempengaruhi pada
hasil belajar siswa rendah.
Pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan
Menyenangkan) pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dengan variasi
pembelajaran menggunakan media pembelajaran, menumbuhkan keaktifan siswa,
mengembangkan kreatifitas siswa serta menciptakan situasi belajar yang
menyenangkan sehingga motivasi para siswa dapat meningkat dan pembelajaran
dapat lebih bermakna. Motivasi belajar siswa yang meningkat dapat mempengaruhi
pada peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“bagaimanakah penerapan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran
2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA melalui penerapan pendekatan PAIKEM pada
x
mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember
semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 47 siswa yang terdiri atas 21
siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model skema Hopkins
yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi..
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket,
dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada
siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 27,21 dari 47,68 (cukup)
menjadi 74,89 (tinggi). Skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada
siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 8,86 dari 74,89 (tinggi)
menjadi 83,75 (sangat tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada
siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 15,83 dari 52,85 (rendah)
menjadi 68,68 (cukup). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II
juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,53 dari 68,68 (cukup) menjadi
81,21 (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan
PAIKEM dalam pembelajararn IPS pokok bahasan masalah sosial dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
pada siswa kelas IVA di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun ajaran
2014/2015. Saran yang berkaitan dengan penerapan pendekatan PAIKEM yaitu dapat
dijadikan bahan pertimbangan variasi pembelajaran dengan media yang sesuai lebih
mudah dipahami untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. | en_US |