• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    110210204018_Rossita Dewi Permata_may.pdf (6.206Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Permata, Rossita Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat memperoleh pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kepekaan untuk menghadapi hidup. Salah satu upaya untuk memenuhi tujuan pendidikan pada mata pelajaran IPS yaitu sebelum proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS harus terlebih dahulu memilih pendekatan pembelajaran yang tepat untuk materi yang akan diajarkan sehingga dapat diterima siswa dengan mudah. Pada kenyataannya, berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara dengan guru dan siswa bahwa proses pembelajaran kurang bervariasi dan penggunaan media pembelajaran jarang dilakukan oleh guru sehingga motivasi belajar siswa yang kurang dalam proses pembelajaran mempengaruhi pada hasil belajar siswa rendah. Pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dengan variasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran, menumbuhkan keaktifan siswa, mengembangkan kreatifitas siswa serta menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga motivasi para siswa dapat meningkat dan pembelajaran dapat lebih bermakna. Motivasi belajar siswa yang meningkat dapat mempengaruhi pada peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA melalui penerapan pendekatan PAIKEM pada x mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 47 siswa yang terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 27,21 dari 47,68 (cukup) menjadi 74,89 (tinggi). Skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 8,86 dari 74,89 (tinggi) menjadi 83,75 (sangat tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 15,83 dari 52,85 (rendah) menjadi 68,68 (cukup). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,53 dari 68,68 (cukup) menjadi 81,21 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAIKEM dalam pembelajararn IPS pokok bahasan masalah sosial dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IVA di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap tahun ajaran 2014/2015. Saran yang berkaitan dengan penerapan pendekatan PAIKEM yaitu dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi pembelajaran dengan media yang sesuai lebih mudah dipahami untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65067
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository