Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorERNAWATI
dc.date.accessioned2015-11-30T04:07:54Z
dc.date.available2015-11-30T04:07:54Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65061
dc.description.abstractProses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media audio visual diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember mulai tanggal 10 April – 22 April 2015. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang terdiri dari kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian. Sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk x mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS dapat diperoleh hasil kelas VA dan VB 𝑡0 sebesar -994, kelas VA dan VC 𝑡0 sebesar -827, sedangkan kelas VB dan VC 𝑡0 sebesar 0,109. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kelas VA dan VB 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,994 < 2,00172), kelas VA dan VC 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-827 < 2,00247), sedangkan kelas VB dan VC 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,109 < 2,00247) sehingga keadaan ketiga kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Selanjutnya dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VC). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 4,588, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 57 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,00172. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 4,588 > 2,00172, dengan demikian hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Pendekatan saintifik berbantu media audio visual ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat mengembangkannya dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendekatan Saintifiken_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record