PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBER
Abstract
Proses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif
membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang
dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, merumuskan
hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan
mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil
yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan
memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku
siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Pendekatan saintifik
yang dipadukan dengan media audio visual diharapkan dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan pendekatan
saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema
ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual
terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung Kabupaten
Jember mulai tanggal 10 April – 22 April 2015. Populasi pada penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang terdiri dari kelas VA, VB, dan VC
yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group
design. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian.
Sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk
x
mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan
menggunakan nilai UTS semester genap.
Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS dapat diperoleh
hasil kelas VA dan VB 𝑡0 sebesar -994, kelas VA dan VC 𝑡0 sebesar -827, sedangkan
kelas VB dan VC 𝑡0 sebesar 0,109. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kelas
VA dan VB 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,994 < 2,00172), kelas VA dan VC 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-827 <
2,00247), sedangkan kelas VB dan VC 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,109 < 2,00247) sehingga
keadaan ketiga kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Selanjutnya
dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas
kontrol, maka diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai
kelas kontrol.
Data yang dianalisis berupa selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas
eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VC). Beda nilai pre-test dan post-test siswa
dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan
rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 =
4,588, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 57 pada taraf
signifikansi 5% sehingga diperoleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,00172. Berdasarkan analisis
tersebut diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 4,588 > 2,00172, dengan demikian hipotesis
nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎) diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil
belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Pendekatan saintifik
berbantu media audio visual ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru
dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat
mengembangkannya dalam penelitian selanjutnya.