• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    110210204015_ERNAWATI_may.pdf (3.150Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    ERNAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media audio visual diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember mulai tanggal 10 April – 22 April 2015. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang terdiri dari kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian. Sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk x mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS dapat diperoleh hasil kelas VA dan VB 𝑡0 sebesar -994, kelas VA dan VC 𝑡0 sebesar -827, sedangkan kelas VB dan VC 𝑡0 sebesar 0,109. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kelas VA dan VB 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,994 < 2,00172), kelas VA dan VC 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-827 < 2,00247), sedangkan kelas VB dan VC 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,109 < 2,00247) sehingga keadaan ketiga kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Selanjutnya dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VC). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 4,588, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 57 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,00172. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 4,588 > 2,00172, dengan demikian hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Pendekatan saintifik berbantu media audio visual ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat mengembangkannya dalam penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65061
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository