Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorLathif, Misno A.
dc.contributor.authorMAHFUDZ, BAGUS NUR
dc.date.accessioned2015-11-30T03:50:21Z
dc.date.available2015-11-30T03:50:21Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim100210204129
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65049
dc.description.abstractKeterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan yang sangat penting karena setiap orang akan lebih banyak berkomunikasi dengan lisan daripada dengan cara lain. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara perlu sesering mungkin melakukan latihan berbicara, terlebih pada siswa SD yang masa perkembangannya masih panjang. Berdasarkan hasil observasi di kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso ketika pembelajaran keterampilan berbicara tentang bercerita pengalaman berlangsung, dari 23 siswa hanya 9 siswa yang dapat bercerita sesuai perintah guru, sedangkan 14 siswa yang lain masih belum dapat bercerita dengan baik. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang kurang percaya diri untuk bercerita di depan kelas. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan media kartu gambar melalui model pembelajaran talking stick. Penerapan media melalui model pembelajaran kooperatif ini akan memberikan kesempatan bagi semua siswa untuk berlatih berbicara di depan kelas secara merata. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso? 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dengan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk ix mendeskripsikan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso; 2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dengan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan rancangan penelitian yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas oleh Arikunto dkk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso. Penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I terdapat beberapa kendala, diantaranya pengelolaan waktu melebihi yang telah tetapkan dalam RPP, siswa masih banyak yang bergurau, keberanian dan rasa percaya diri siswa masih kurang karena terlihat gugup atau malu, dan kualitas hasil cetakan beberapa kartu gambar kurang jelas. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, maka pada siklus II dilakukan perbaikan, yaitu pengelolaan waktu harus sesuai dengan RPP, mengadakan kesepakatan dengan siswa yaitu jika guru mengucapkan “halo” siswa harus menjawab “hay” untuk mengembalikan konsentrasi belajar, memberikan motivasi (berupa pemberian bimbingan lebih intensif, memberi semangat, reward atau pujian), dan memperbaiki kualitas cetakan kartu gambar baik dari segi pewarnaan maupun pemilihan gambarnya. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dengan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat diketahui dari hasil prasiklus siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa dengan nilai rata-rata kelas 63,83, pada siklus x I meningkat menjadi 13 siswa dengan nilai rata-rata kelas 72,17, pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa dan nilai rata-rata kelas 79,64. Saran bagi guru, hendaknya menjadikan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebagai salah satu alternatif dalam mengajar baik untuk kelas rendah atau kelas tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN PAKISAN 2 TLOGOSARI BONDOWOSOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record