• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN PAKISAN 2 TLOGOSARI BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    100210204129_BAGUS NUR MAHFUDZ_may.pdf (3.561Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    MAHFUDZ, BAGUS NUR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan yang sangat penting karena setiap orang akan lebih banyak berkomunikasi dengan lisan daripada dengan cara lain. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara perlu sesering mungkin melakukan latihan berbicara, terlebih pada siswa SD yang masa perkembangannya masih panjang. Berdasarkan hasil observasi di kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso ketika pembelajaran keterampilan berbicara tentang bercerita pengalaman berlangsung, dari 23 siswa hanya 9 siswa yang dapat bercerita sesuai perintah guru, sedangkan 14 siswa yang lain masih belum dapat bercerita dengan baik. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang kurang percaya diri untuk bercerita di depan kelas. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan media kartu gambar melalui model pembelajaran talking stick. Penerapan media melalui model pembelajaran kooperatif ini akan memberikan kesempatan bagi semua siswa untuk berlatih berbicara di depan kelas secara merata. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso? 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dengan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk ix mendeskripsikan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso; 2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dengan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan rancangan penelitian yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas oleh Arikunto dkk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso. Penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I terdapat beberapa kendala, diantaranya pengelolaan waktu melebihi yang telah tetapkan dalam RPP, siswa masih banyak yang bergurau, keberanian dan rasa percaya diri siswa masih kurang karena terlihat gugup atau malu, dan kualitas hasil cetakan beberapa kartu gambar kurang jelas. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, maka pada siklus II dilakukan perbaikan, yaitu pengelolaan waktu harus sesuai dengan RPP, mengadakan kesepakatan dengan siswa yaitu jika guru mengucapkan “halo” siswa harus menjawab “hay” untuk mengembalikan konsentrasi belajar, memberikan motivasi (berupa pemberian bimbingan lebih intensif, memberi semangat, reward atau pujian), dan memperbaiki kualitas cetakan kartu gambar baik dari segi pewarnaan maupun pemilihan gambarnya. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Pakisan 2 Tlogosari Bondowoso dengan penerapan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat diketahui dari hasil prasiklus siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa dengan nilai rata-rata kelas 63,83, pada siklus x I meningkat menjadi 13 siswa dengan nilai rata-rata kelas 72,17, pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa dan nilai rata-rata kelas 79,64. Saran bagi guru, hendaknya menjadikan media kartu gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebagai salah satu alternatif dalam mengajar baik untuk kelas rendah atau kelas tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65049
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository