Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorAnjani, Ratna Puji
dc.date.accessioned2015-11-30T02:25:02Z
dc.date.available2015-11-30T02:25:02Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65004
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered) dimana guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan hasil observasi di SD Sumbersari 01 Jember terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa masih rendah dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran IPA. Penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA membuat siswa lebih aktif karena dalam pendektan CTL menerapkan beberapa komponen utama, salah satunya konstruktivisme (constructivism). Pada kegiatan konstruktivisme siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya, sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar dan lebih memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran karena siswa mengaitkan langsung antara pengalaman dengan materi pelajaran yang mereka terima. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi siswa kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan ix kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan pendektan Contextual Teaching and Learning di setiap pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 57,17% dan pada siklus II sebesar 64,77%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 68,21 dan meningkat menjadi 78,56 pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat disampaikan yaitu sebaiknya pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat digunakan sebagai pendekatan alternatif, khususnya dalam pelajaran IPA agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat memecahkan masalah melalui pengalaman langsung, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL)en_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record