Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih terpusat
pada guru (teacher centered) dimana guru masih dominan dalam pembelajaran
sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan
hasil observasi di SD Sumbersari 01 Jember terdapat permasalahan yaitu hasil belajar
siswa masih rendah dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran IPA. Penerapan
pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA membuat siswa lebih aktif karena dalam
pendektan CTL menerapkan beberapa komponen utama, salah satunya
konstruktivisme (constructivism). Pada kegiatan konstruktivisme siswa diberi
kesempatan untuk menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan
keterampilan barunya, sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar dan lebih
memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran karena siswa mengaitkan
langsung antara pengalaman dengan materi pelajaran yang mereka terima.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi siswa kelas IVA SDN
Sumbersari 01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan
bunyi di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember.
Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 21
siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
ix
kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap
siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan pendektan Contextual Teaching
and Learning di setiap pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok
bahasan energi panas dan bunyi terlaksana dengan lancar dan terdapat peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal
mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal
sebesar 57,17% dan pada siklus II sebesar 64,77%, sedangkan untuk hasil belajar
diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 68,21 dan meningkat menjadi 78,56 pada
siklus II.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual
Teaching and Learning pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat
meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember
tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat disampaikan yaitu sebaiknya
pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat digunakan sebagai pendekatan
alternatif, khususnya dalam pelajaran IPA agar siswa dapat lebih aktif dalam
pembelajaran dan dapat memecahkan masalah melalui pengalaman langsung,
sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.