MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK KERJASAMA DALAM BERTETANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 04 JEMBER
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah : Meningkatkan aktivitas belajar
siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk kerjasama dalam
bertetangga melalui model Pembelajaran kooperatif tipe make a match pada
siswa kelas II SDN Kebonsari 04 Jember, dan Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Pokok Bahasan Bentuk-bentuk Kerjasama dalam Bertetangga melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas II SDN
Kebonsari 04 Jember.
viii
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, melalui tahapan
dua siklus. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas II-B dengan
jumlah 44 siswa SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2010/2011. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari aspek kognitif.
Pada siklus I persentase aspek kognitif 47,7% maka dikatakan belum tuntas.
Sedangkan pada siklus II dapat dilihat peningkatan yang signifikan pada aspek
kognitif 84,09% maka dikatakan telah tuntas. Jadi, kesimpulannya adalah :
peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dari siklus 1 dan siklus 2,
dan aktivitas siswa kelas II SDN Kebonsari 04 Jember selama pembelajaran di
kelas dengan penerapan Pembelajaran model make a match dapat meningkat
dari pra siklus ke siklus. Persentase peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus
ke siklus I yaitu 60,47% dengan kriteria cukup aktif. Sedangkan persentase
peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 88,37% dan
peningkatan ini termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang aktif.