• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK KERJASAMA DALAM BERTETANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nuning.pdf (646.7Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    NUNING
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dilakukan penelitian ini adalah : Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk kerjasama dalam bertetangga melalui model Pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas II SDN Kebonsari 04 Jember, dan Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Bentuk-bentuk Kerjasama dalam Bertetangga melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas II SDN Kebonsari 04 Jember. viii Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, melalui tahapan dua siklus. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas II-B dengan jumlah 44 siswa SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2010/2011. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari aspek kognitif. Pada siklus I persentase aspek kognitif 47,7% maka dikatakan belum tuntas. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat peningkatan yang signifikan pada aspek kognitif 84,09% maka dikatakan telah tuntas. Jadi, kesimpulannya adalah : peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dari siklus 1 dan siklus 2, dan aktivitas siswa kelas II SDN Kebonsari 04 Jember selama pembelajaran di kelas dengan penerapan Pembelajaran model make a match dapat meningkat dari pra siklus ke siklus. Persentase peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus I yaitu 60,47% dengan kriteria cukup aktif. Sedangkan persentase peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 88,37% dan peningkatan ini termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6488
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository