Show simple item record

dc.contributor.authorNOVITA EKA DEWI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:58:17Z
dc.date.available2013-12-09T02:58:17Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6482
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Demonstrasi dengan menggunakan Miniatur Alat Transportasi Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Sumberpinang 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan x metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 08 Maret 2011 sampai dengan tanggal 19 Mei 2011 pada siklus II, untuk aktivitas siswa secara individual hanya 11 siswa yang mencapai  65% sedangkan 13 siswa mendapatkan < 65% dan tes hasil belajar dari 24 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 14 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa. Siklus II untuk aktivitas siswa secara individual dari 24 siswa 21 siswa yang mencapai  65% sedangkan siswa yang mendapatkan < 65% dan tes hasil belajar dari 24 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 14 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan aktivitas terlihat pada pra siklus aktivitas secara klasikal sebesar 45,83%, Siklus I sebesar 58,89% dan siklus II sebesar 77,5 % dari persentase keaktifan siswa di siklusi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan aktivitas siswa karena Kriteria klasikal, suatu kelas dinyatakan aktif apabila telah mencapai persentase  65% dari skor maksimal 100%. (2) siswa mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 58,33 %. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan persentasi sebesar 87,5 %, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor  65 dari skor maksimal 100. ketuntasan klasikal, suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% telah mencapai ketuntasan individual  65 dari skor maksimal 100. Berdasarkan kesimpulan diatas maka saran yang perlu dipertimbangkan yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dengan menggunakan miniatur alat transportasi dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204105;
dc.subjectMetode Demonstrasi, Miniatur Alat Transportasi Transportasi, IPSen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MINIATUR ALAT TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN SUMBERPINANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record