PENGARUH ELEMEN BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY KONSUMEN YAMAHA VIXION DI JEMBER
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh legitimasi, loyalitas merek
oposisi, integrasi dan mempertahankan anggota, dan membantu dalam
penggunaan merek terhadap loyalitas konsumen Yamaha Vixion. Populasi dalam
penelitian ini adalah komunitas Yamaha Vixion Club di Jember.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
jumlah responden sebanyak 105 orang. Variabel digunakan yaitu sebanyak 5
variabel. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Konfirmatori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Legitimasi berpengaruh terhadap
loyalitas merek pada konsumen Yamaha Vixion di Kabupaten Jember dengan
arah positif; 2) Loyalitas merek oposisi berpengaruh terhadap loyalitas merek
pada konsumen Yamaha Vixion di Kabupaten Jember dengan arah positif; 3)
Integrasi dan mempertahankan anggota berpengaruh terhadap loyalitas merek
pada konsumen Yamaha Vixion di Kabupaten Jember dengan arah positif, dan; 4)
Membantu dalam penggunaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek pada
konsumen Yamaha Vixion di Jember dengan arah positif.