• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN GAMBAR SERI MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GRENDEN 04 KECAMATAN PUGER

    Thumbnail
    View/Open
    Muklasin.pdf (393.0Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MUKLASIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III SDN Grenden 04 Kec. Puger tahun 2010 / 2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri SDN Grenden 04 Kec. Puger tahun pelajaran 2010 / 2011 dengan jumlah siswa 29 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes dan observasi Observasi awal di SD Negeri Grenden 04 menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri. Siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan, pikiran, dan perasaan dengan bahasa tulis, sehingga siswa melakukan kesalahan–kesalahan berbahasa dalam menulis. Kesalahan berbahasa ini dapat berupa kesalahan penggunaan ejaan, tanda baca, pilihan kata (diksi), kalimat yang tidak efektif, paragraf yang kurang padu. Disamping itu karangan siswa tidak sesuai dengan keruntutan isi cerita, dan kesesuaian cerita dengan gambar. Hasil observasi di prasiklus dari 29 siswa hanya 7 siswa yang mencapai vii ketuntasan dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri (mendapat nilai 60) dengan ketuntasan klasikal 24,14%. Hasil penelitian pada siklus I yang merupakan usaha perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada kelas III menggunakan metode diskusi kelompok, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan klasikal 44,8%. Pada siklus I ditemukan kendala dan masalah yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan secara klasikal, dan akan diperbaiki disiklus II. Pada siklus II yang merupakan usaha perbaikan dari siklus I, berusaha memperbaiki hal-hal pelaksanaan yang belum sepenuhnya sempurna. Terutama belum tuntasnya hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri Grenden 04 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Setelah dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 24 siswa dengan ketuntasan klasikal 82,8%. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan nilai siswa dan ketuntasan klasikal pada prasiklus, siklus I, dan siklus II, menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6440
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository