PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN GAMBAR SERI MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GRENDEN 04 KECAMATAN PUGER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan
narasi berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III SDN Grenden 04 Kec. Puger
tahun 2010 / 2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri SDN
Grenden 04 Kec. Puger tahun pelajaran 2010 / 2011 dengan jumlah siswa 29
anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir
pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes dan
observasi
Observasi awal di SD Negeri Grenden 04 menunjukkan bahwa siswa kelas
III mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri.
Hal ini terlihat dari rendahnya nilai siswa dalam menulis karangan narasi
berdasarkan gambar seri. Siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan
gagasan, pikiran, dan perasaan dengan bahasa tulis, sehingga siswa melakukan
kesalahan–kesalahan berbahasa dalam menulis. Kesalahan berbahasa ini dapat
berupa kesalahan penggunaan ejaan, tanda baca, pilihan kata (diksi), kalimat
yang tidak efektif, paragraf yang kurang padu. Disamping itu karangan siswa
tidak sesuai dengan keruntutan isi cerita, dan kesesuaian cerita dengan gambar.
Hasil observasi di prasiklus dari 29 siswa hanya 7 siswa yang mencapai
vii
ketuntasan dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri (mendapat
nilai 60) dengan ketuntasan klasikal 24,14%. Hasil penelitian pada siklus I yang
merupakan usaha perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan
narasi berdasarkan gambar seri pada kelas III menggunakan metode diskusi
kelompok, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa dengan
ketuntasan klasikal 44,8%. Pada siklus I ditemukan kendala dan masalah yang
menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan secara klasikal, dan
akan diperbaiki disiklus II. Pada siklus II yang merupakan usaha perbaikan dari
siklus I, berusaha memperbaiki hal-hal pelaksanaan yang belum sepenuhnya
sempurna. Terutama belum tuntasnya hasil belajar menulis karangan narasi siswa
kelas III SD Negeri Grenden 04 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Setelah
dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 24 siswa dengan
ketuntasan klasikal 82,8%. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan
nilai siswa dan ketuntasan klasikal pada prasiklus, siklus I, dan siklus II,
menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri.