URGENSI LABEL GREEN PRODUCT PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari nomena secara mendalam dibalik fenomena munculnya produk-produk Air Minum Dalam Kemasan yang ramah lingkungan. Produk semacam ini disebut dengan nama green product. Metode riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kualitatif. Hal ini memiliki tujuan supaya dapat menggali informasi secara lebih mendalam. Subjek dari penelitian ini yaitu masyarakat Kota Jember di kecamatan sumbersari yang dipilih secara purposive, spontan, dan random. Setelah dilakukan proses penelitian maka terpilih sebanyak 9 informan yang diwawancarai untuk mendapatkan informasi dari fenomena green marketing. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan metode trianggulasi data yaitu melihat sudut pandang sebuah fenomena dari 3 sumber data yang berbeda. 3 sumber data yang di maksud adalah informan (wawancara), pengamatan fenomena atau studi pustaka (observasi) dan pendapat para ahli (wawancara). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label green product pada Air Minum Dalam Kemasan ternyata memiliki citra yang baik di benak para konsumen walaupun dari segi kualitas masih belum teruji secara mendetail. Label green product juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian oleh beberapa konsumen. Penemuan baru yang didapatkan dari penelitian ini yaitu bahwa harus ada regulasi-regulasi baru untuk mencegah dan meminimalisisr pencemaran lingkungan. Peran pemerintah sebagai pembuat kebijakan menjadi hal yang sangat vital. Penemuan baru berikutnya yaitu bahwa harus ada peningkatan dan penambahan visi perusahaan dari yang awalnya berorientasi pada profit atau laba, seharusnya juga memiliki orientasi pada lingkungan.