dc.contributor.author | MUHAMMAD MARFAN RAMADHAN | |
dc.date.accessioned | 2013-12-09T02:34:06Z | |
dc.date.available | 2013-12-09T02:34:06Z | |
dc.date.issued | 2013-12-09 | |
dc.identifier.nim | NIM070210204017 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6430 | |
dc.description.abstract | Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei 2011 sampai dengan
tanggal 25 Mei 2011 Pada siklus I, untuk aktivitas siswa secara individual hanya 23
siswa yang mencapai 65% sedangkan 9 siswa mendapatkan < 65% dan tes hasil
belajar dari 32 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 23 siswa dan siswa
yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Siklus II untuk aktivitas siswa secara individual
dari 32 siswa, 32 siswa yang mencapai 65%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan
aktivitas terlihat pada aktivitas secara klasikal Siklus I sebesar 52,85% dan siklus II
sebesar 65,38% dari persentase keaktifan siswa di siklus II, suatu kelas dinyatakan
aktif apabila telah mencapai persentase 65% dari skor maksimal 100%. (2) siswa
mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum
tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 71,87%. Peningkatan
persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan
persentasi sebesar 100%, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil
meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210204017; | |
dc.subject | BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING), IPS, BAHASAN JUAL BELI | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SDN MANGLI 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |