PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SDN MANGLI 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei 2011 sampai dengan
tanggal 25 Mei 2011 Pada siklus I, untuk aktivitas siswa secara individual hanya 23
siswa yang mencapai 65% sedangkan 9 siswa mendapatkan < 65% dan tes hasil
belajar dari 32 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 23 siswa dan siswa
yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Siklus II untuk aktivitas siswa secara individual
dari 32 siswa, 32 siswa yang mencapai 65%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan
aktivitas terlihat pada aktivitas secara klasikal Siklus I sebesar 52,85% dan siklus II
sebesar 65,38% dari persentase keaktifan siswa di siklus II, suatu kelas dinyatakan
aktif apabila telah mencapai persentase 65% dari skor maksimal 100%. (2) siswa
mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum
tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 71,87%. Peningkatan
persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan
persentasi sebesar 100%, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil
meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa.