Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD EKO NURFIANTO
dc.date.accessioned2013-12-09T02:29:03Z
dc.date.available2013-12-09T02:29:03Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204280
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6421
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan “bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar selama penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN. Sumberwringin 03 Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN. Sumberwringin 03 Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diambil “Jika guru menerapkan pembelajaran kooperartif model Teams Assisted Individualization maka akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN. Sumberwringin 03 Lumajang tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sumberwringin 03 Kecamatan Klakah, dimulai pada tanggal 28 Mei 2011 sampai tanggal 1 Juni 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan pelajaran 72%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 69%, diskusi dalam kelompok 73%, memecahkan soal diskusi 68%, semangat dalam pembelajaran 72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 77%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 74%, diskusi dalam kelompok 81%, memecahkan soal diskusi 72%, dan semangat dalam pembelajaran 77%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara klasikal sebesar 82%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization mata pelajaran IPS. Saran bagi guru, hendaknya lebih aktif melakukan inovasi pembelajaran agar siswa lebih bersemangat dan tidak kesulitan dalam proses pembelajaran. Saran bagi peneliti lainnya perlunya pelaksanaan penelitian lebih lanjut serta mengkombinasikan dengan metode yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204280;
dc.subjectAktivitas dan Prestasi Belajar, Teams Assisted Individualization, IPSen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERWRINGIN 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record