Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas IIB SDN Patrang 01 Jember
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Salah satu contoh pembelajaran di Sekolah Dasar yang berkaitan dengan keterampilan berbicara adalah menceritakan kembali cerita anak yang didengar dengan menggunakan kata-kata sendiri. Penggunaan media sangat diperlukan dalam pembelajaran. Media boneka tangan merupakan salah satu media yang tepat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember dengan jumlah 36 siswa, terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal persentase ketuntasan nilai keterampilan berbicara siswa yang telah memenuhi KKM (≥ 66) pada prasiklus sebanyak 58% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 72%, kemudian pada siklus II menjadi 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setelah menggunakan media boneka tangan keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 meningkat.
Collections
- SRA-Education [1352]