dc.description.abstract | Pendekatan pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pencapaian kemandirian seorang anak, hal ini disebabkan kemampuan anak bertindak dan mengambil keputusan yang dilakukan oleh seorang anak hanya mungkin dimiliki oleh anak yang mampu berfikir dengan saksama dengan tindakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran dalam mengimplentasikan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam membentuk kemandirian anak usia dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso 2013/2014. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data mereduksi data, pemaparan data, serta menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui implementasi pendekatan pembelajaran inkuiri dalam membentuk kemandirian anak ditunjukkan dengan pembelajaran yang berpusat pada anak yang merangsang anak didik untuk aktif mengajukan pertanyaan, serta kemandirian anak usia dini ditunjukkan dengan tingkat kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pendidik tanpa bantuan orang lain. Saran untuk orangtua anak didik yaitu hendaknya orangtua memberi kepercayaan kepada anak agar anak dapat mandiri, sedangkan untuk pendidik yaitu memberikan pengawasan secara penuh kepada masing-masing anak didik. | en_US |