• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika pada Proses Jual Beli yang dilakukan Masyarakat Osing di Pasar Tradisional sebagai Bahan Pembelajaran Aritmetika

    Thumbnail
    View/Open
    YENNY INDRAWATI.pdf (258.6Kb)
    Date
    2015
    Author
    Yenny Indrawati
    Sunardi
    Arika Indah K
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses transaksi jual beli dan mendeskripsikan cara-cara menghitung aritmetika pada proses jual beli yang dilakukan masyarakat Osing di pasar tradisional. Penelitian ini termasuk dalam kajian penelitian etnomatematika karena penelitian ini mengungkap aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh salah satu suku pada kebudayaan tertentu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 5 orang penjual sejenis welijo dan 3 orang pembeli. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Osing dan cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Hasil penelitian menunjukkan proses jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Osing untuk penentuan harga jual sudah menggunakan pembulatan ke lima ratusan atau ribuan, untuk menentukan harga jual, cara pembeli membayar, dan cara penjual memberikan uang kembalian memiliki cara tersendiri yang digunakan oleh masyarakat Osing. Cara-cara menghitung aritmetika yang digunakan oleh masyarakat Osing untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian juga memiliki cara yang berbeda dengan yang dilakukan disekolah. Untuk menghitung penjumlahan dimulai dengan menjumlahkan ribuan dengan ribuan terlebih dahulu selanjutnya ratusan dengan ratusan. Selain itu juga ada yang menggenapkan terlebih dulu ke nilai puluhan terdekat. Untuk pengurangan cara yang digunakan jika contoh bilangan yang dikurangi adalah 50.000 – 13.000 caranya yaitu 13 untuk menuju 20 kurang 7. Selanjutnya 50 – 20 = 30. Setelah itu menjumlahkan 30 dengan 7 dan didapat hasilnya adalah 37 yang artinya 37.000, selain itu ada yang mengurangkan puluhan ribu pertama dengan puluhan ribu kedua kemudian dikurangkan dengan sisa bilangan kedua. Untuk menghitung perkalian cara yang digunakan yaitu dengan mengalikan bilangan dari bilangan yang paling depan terlebih dahulu contohnya puluhan ribu selanjutnya ribuan dan seterusnya. Untuk menghitung pembagian yaitu dengan mencari bilangan yang dapat dibagi oleh pembagi. Setelah itu bilangan yang di bagi kurangkan dengan hasil pembagian sebelumnya. Cara tersebut dilakukan sampai bilangan yang dibagi tersebut habis. Selanjutnya menjumlahkan hasil pembagian-pembagian tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64205
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository