Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Rangkuman
View/ Open
Date
2014Author
Susanti, Yeni
Satrijono,Hari
Widjajanti,Anita
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis rangkuman melalui strategi pembelajaran aktif model point counter point siswa kelas XI MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, banyak strategi pembelajaran yang tersedia. Seiring dengan kemajuan yang terjadi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, konsep pembelajaranpun mengalami perubahan, yaitu dari yang semula berpusat pada guru, menjadi lebih berpusat pada siswa (student centered). Metode point counter point merupakan model pembelajaran aktif yang dapat mendorong peserta didik aktif dalam menyampaikan argumennya dalam sebuah diskusi untuk memecahkan masalah yang pada akhirnya peserta didik diarakan untuk menulis rangkuman dalam bentuk notulen diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, tes akhir siklus II dan analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif model point counter point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis rangkuman siswa kelas XI MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Collections
- SRA-Education [1352]