dc.description.abstract | Karakter kewirausahaan dapat diterapkan pada siapa saja dan dimana saja. Dapat pula diterapkan di pondok
pesantren yang merupakan lembaga pendidikan yang berbasiskan pengajaran agama Islam. Tidak berbeda dengan
lembaga pendidikan umum lainnya, pada pondok pesantren santri juga dapat menerima bekal kewirausahaan yang
kelak akan berguna saat kembali ke masyarakat. Hal ini dibahas dalam penelitian yang dilakukan. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang
dilakukan Pondok Pesantren Nurul Islam Jember dalam menumbuhkan karakter kewirausahaan santri . Obyek
dalam penelitian adalah Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Subyek penelitian adalah pimpinan Pondok
Pesantren Nurul Islam Jember dan informan dari 4 Santri dan 2 Ustad. Metode pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari metode wawancara , dokumen, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan cara
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren
Nurul Islam Jember menerapkan beberapa strategi untuk menumbuhkan karakter kewirausahaan santrinya. Strategi
tersebut terdiri dari pelatihan keterampilan, meneladani sosok wirausahawan sukses, dan membentuk tim bisnis.
Pelatihan keterampilan yang diadakan beberapa diantaranya adalah dengan pemberian pelatihan otomotif dan
pelatihan komputer bagi santri SMK, serta pemberian pelatihan membuat kerajinan tangan bagi santri SMA dan
MA. Pelatihan keterampilan yang diberikan di pondok pesantren ini tidak termasuk dalam kurikulum yang ada.
Meneladani sosok wirausahawan sukses pada pondok pesantren ini adalah dengan mendatangkan sosok
wirausahawan sukses untuk memberikan seminar kewirausahaan bagi santri. Membentuk tim bisnis terwujud
dengan adanya entrepreneur club pada pondok pesantren ini. Entrepreneur club ini mengelolah usaha yang
dimiliki oleh pondok pesantren seperti Pujasera Nurismart, LaundryNuris, Air Minum Nuris, dan Nuris Printing | en_US |