Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi
Abstract
Pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan, tidak selalu menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Model Quantum Learning merupakan pembelajaran yang membuat siswa aktif berinteraksi dan belajar sambil melakukan permainan yang didukung lingkungan nyaman, serta dapat meningktakan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember yang berjumlah 84 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pretest dan posttest untuk kelas eksperimen 15,6 dan kelas kontrol sebesar 11 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh thitung= 2,857 dengan keefektifan relatif sebesar 34,65%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa ttest>ttabel (2,857>1,989), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang penerapan model Quntum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015.
Collections
- SRA-Education [1352]