• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI

    Thumbnail
    View/Open
    WIDI CAHYA ADI.pdf (297.8Kb)
    Date
    2015
    Author
    Widi Cahya Adi
    Suratno
    Mochammad Iqbal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas Virtual Laboratory pada pokok bahasan sistem ekskresi yang telah dikembangkan, selain itu juga untuk mengetahui hasil ujicoba Virtual Laboratory pada pokok bahasan sistem ekskresi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Bondowoso. Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmnet) yang dilanjutkan dengan uji produk dengan metode kuasi eksperimen (quasi experiment). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, wawancara, dan angket ARCS. Rancangan penelitian pengembangan Virtual Laboratory ini menggunakan model pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive, Design, and Development) yang dikembangkan oleh Willis tahun 1995 sedangkan rancangan penelitian kuasi eksperimen menggunakan metode pre-test dan post-test design, rancangan ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, subjek dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling yang sebelumnya telah dilakukan uji Homogenitas. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa tingkat validitas Virtual Laboratory yang telah dikembangkan mencapai 93,05% dari segi ahli materi, 90,62% dari segi ahli pengembangan bahan ajar, 94,16% dari segi ahli media Virtual Laborartory, 93,88% dari segi guru (pengguna), hal ini menunjukkan bahwa tingkat validitas Virtual Laborartory sebagai media pembelajaran adalah sangat baik dan siap dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran yang sebenarnya. Hasil penelitian kuasi eksperimen menunjukkan bahwa Virtual Laboratory berpengaruh secara signifikan (p=0,00) terhadap motivasi belajar siswa dan peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media Virtual Laboratory sebesar 43,32%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64188
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository