• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Eksperimen Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi di SD Negeri Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    WELDY NUGROHO DETAGORY.pdf (258.6Kb)
    Date
    2014
    Author
    DETAGORY, Weldy Nugroho
    NURIMAN
    AGUSTININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah guru mengajar masih menggunakan cara konvensional. Pada saat pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa mendengarkan materi yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas-tugas. Guru menjadi satu-satunya penggerak dalam proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang rendah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Oleh karena itu, diterapkan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA melalui metode eksperimen yang membuat siswa lebih aktif dalam berfikir, berbuat serta menyelesaikan masalah secara ilmiah. Perpaduan gerakan fisik dan aktivitas intelektual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan Mc. Taggart, penerapan pendekatan SAVI melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64187
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository