Hubungan Antara Program Keaksaraan Fungsional Dengan Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Ishlah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2013
View/ Open
Date
2013Author
Walidah Puji Lestari
Nanik Yuliati
Deditiani Tri Indrianti
Metadata
Show full item recordAbstract
salah satu aspek penentu dalam keberhasilan pembangunan suatu bangsa adalah dilihat dari tingkat keaksaraan penduduknya yaitu dimana buta huruf merupakan salah satu indikator untuk menetapkan tingkat pembangunan sumber daya manusia. Program keaksaraan fungsional merupakan salah satu program unggulan penyandang buta aksara dalam upaya mewujudkan masyarakat gemar belajar baik yang termasuk buta aksara, aksarawan baru, maupun aksarawan lanjutan. Melalaui program keaksaraan fungsional dianggap cukup untuk membantu perekonomian warga belajar untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Yayasan Al-Ishlah merupakan salah satu penyelenggara program keaksaraan fungsional. rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah hubungan antara program keaksaraan fungsional dengan peningkatan ekonomi keluarga di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Ishlah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2013. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui hubungan program keaksaraan fungsional dengan peningkatan ekonomi keluarga di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Ishlah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2013. Jenis penelitian ini korelasi tata jenjang dengan tekhnik analisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program keaksaraan fungsional dengan peningkatan ekonomi keluarga di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Ishlah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2013. Hal ini sesuai temuan peneliti yang menunjukkan bahwasannya dengan program keaksaraan fungsional dapat menjadi akses masyarakat untuk memperoleh informasi yang di butuhkan oleh masyarakat, sehingga memiliki peluang dalam mencari pekerjaan serta dapat meningkatkan ekonomi dalam keluarganya.
Collections
- SRA-Education [1352]