dc.description.abstract | Penguasaan kosakata menentukan kualitas berbahasa seseorang. Penguasaan kosakata yang tidak memadai, akan menyulitkan seseorang untuk melakukan komunikasi secara baik sebagai wujud interaksi sosial. Hal tersebut menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa seseorang tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimilikinya. Kajian tentang penguasaan kosakata bahasa Indonesia dinilai cukup penting untuk dilakukan. Kajian ini berkaitan dengan peran kosakata sebagai salah satu aspek kebahasaan yang mendukung kualitas keterampilan berbahasa siswa. Salah satu kajian tentang kosakata bahasa Indonesia yang perlu dilakukan yaitu melihat hubungan bahasa ibu dengan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. Jenis penelitian menggunakan inferensial kuantitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Jumlah subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 40 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. Penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa dapat diketahui dari hasil skor tes Cloze berjudul “Wisata Alam Pasir Putih”, sedangkan hubungan bahasa ibu dengan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa dapat dikethaui dari hasil penghitungan correlation produck moment, koefisien determinasi dan persamaan regresi sederhana. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan bahasa ibu dengan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besuki. | en_US |